Post Update :

Wonderful Husband


Judul Buku             : Wonderful Husband 
                                  Menjadi Suami Disayang Istri
Penulis                       : Cahyadi Takariawan
ISBN : 978-602-1680-03-2
Penerbit                    : Era Adicitra Intermedia
Ketebalan : xxii, 314 halaman
Ukuran : 14,5 cm
Harga : Rp. 55.000,-
Tahun Terbit             : November 2013
Kota Terbit               : Surakarta

WONDERFUL HUSBAND
Oleh : Erwin Setiawan

Buku karya Cahyadi Takariawan yang sekaligus seorang konselor dan trainer di Jogja Family Center ini merupakan seri kedua dari buku best seller Wonderful Family. Buku ini diketengahkan oleh penulis kepada para pembaca, khususnya para suami, untuk senantiasa memperbaharui motivasi dan menjaga keberlangsungan pemaknaan terhadap ikatan pernikahan, terutama dengan pasangan hidupnya, yakni sang Istri. Penulis buku ini meyakini bahwa kokohnya sebuah keluarga merupakan pondasi dari kokohnya sebuah masyarakat, yang mana kekokohan bangsa dan Negara bermula dari keduanya (keluarga dan masyarakat). Buku ini secara eksplisit memang sengaja ditujukan oleh penulis bagi para suami, namun demikian dukungan dari keluarga terutama istri menjadi teramat penting, khususnya untuk membantu suami menjadi ideal, begitu pesan penulis pada bagian akhir buku ini. 

Suami yang ideal seperti apa yang dimaksud memang masih cukup rumit untuk dirincikan. Tidak bisa dipungkiri bahwa terlampau banyaknya indikator atau karakter-karakter yang patut dimiliki oleh seorang suami ideal. Antara satu dengan yang lainnya saling berkaitan dan tidak dapat diparsialisikan. Karenanya yang dihadirkan penulis buku ini ialah 9 karakter dasar seorang suami ideal agar disayangi istri, dimana karakter-karakter tersebut membentuk karakter derivat yang lebih detil. Sembilan karakter suami ideal agar disayangi istri dimaksud diantaranya adalah seorang suami harus memimpin keluarga dengan cinta, mampu menundukkan ego, selalu berusaha membahagiakan istri, focus mengingat kebaikan istri, memahami kondisi istri, menjadi teladan dalam kebaikan, memelihara kesetiaan, selalu tampil “Young dan Fresh”, dan memberikan yang terbaik. Karakter-karakter tersebut tidak diurutkan berdasarkan urutan tertentu, baik berdasarkan prioritas maupun sifat umum dan khususnya, sehingga tidak menjadi persoalan mana yang lebih dahulu untuk dipahami, dipelajari dan diaktualisasikan. Bahwa yang menjadi focus disini ialah dihimpun dan disatukannya karakter-karakter tersebut secara keseluruhannya untuk dilekatkan pada sosok seorang suami yang ingin menjadi Wonderful Husband yang saying istri dan disayangi istri.

Kemudian yang tidak patut dinafikan ialah proses menuju ‘menjadi suami ideal’ yang perlu dipahami dan disadari bersama. Bahwa proses yang menuju suami ideal mesti dilakukan dengan konsisten serta dibalut kesabaran, agar terjaga senantiasa motivasi ‘menuju suami ideal’ di tengah beragam kendala atau hambatan selama prosesnya. Maka, tidak perlu merumitkan diri mencari suami ideal itu dimana, karena suami ideal itu ditemukan di rumah tangga yang dibentuk antara seorang elaki biasa dan seorang wanita biasa. Suami ideal yang didapatkan dari sebuah proses pernikahan sah kemudian ditindaklanjuti dengan konsistensi kedua belah pihak untuk berproses menuju kondisi ideal. 

Kebermanfaatan yang banyak atau kelebihan dari buku ini ialah mengetengahkan konten materi yang krusial dalam kehidupan keluarga. Dari segi materi atau isi yang dihadirkan penulis bersifat fundamental dan mampu men-drive para pembaca, khususnya para suami untuk memiliki kesadaran (awareness), pola pikir (mind set) dan pola laku(attitude) agar menjadi suami ideal yang didamba istri. Kelebihan lainnya ialah cukup banyak disajikannya ulasan-ulasan yang ilustratif dalam bentuk kisah-kisah nyata yang inspiratif sesuai konten, dan juga dalam bentuk dialog imaniner suami-istri yang renyah, lucu, serta padat makna, dimana hal itu menjadi sangat umum terjadi pada hubungan suami-istri. Adapun kekurangan yang patut dilengkapi agar buku ini menjadi rujukan bagi pengembangan ilmu kepribadian secara umum, perlunya karakter-karakter tersebut memiliki dasar atau landasan yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah agar tidak terkesan seperti sebuah tips praktis semata. 

Dapat disimpulkan bahwa buku Wonderful Husband yang merupakan lanjutan seri Wonderful Family ini merupakan sajian tematik yang secara umum mesti dipahami oleh para suami yang meyakini bahwa perlunya keluarga dijaga kekokohannya. Dimana keluarga merupakan pilar utama sebuah masyarakat, yang mana kekokohan suatu entitas masyarakat itu akan mengokohkan sebuah bangsa. Secara pribadi saya juga mengimbau kepada para pembaca, khususnya kita sebagai seorang suami, bahwa ternyata sikap-sikap seorang suami yang dianggap remeh dalam keluarga, khususnya terhadap istri, secara agregat atau dalam skala yang lebih besar mempengaruhi ketahanan suatu entitas besar bernama bangsa/Negara. Maka dengan demikian, begitu pentingnya peran sukses seorang suami dalam rumah tangga untuk menjaga keutuhan keluarganya. Oleh karena begitu pentingnya karakter-karakter apa saja yang perlu suami penuhi untuk menjadi suami yang ideal, maka begitu pentingnya pula buku Wonderful Husband Anda baca. 

Artikel ini diikutkan dalam 


Share this Article on :

2 comments:

Ida Nur Laila mengatakan...

yang punya gawe berkunjung pak. naskah diterima sebagai peserta pertama.

ERWINNOMIC mengatakan...

Terima kasih bu Ida atas kunjungannya dan diterimanya naskah saya.

Posting Komentar

 

© Copyright Erwinnomic 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.