Minggu, 31 Oktober 2010

SERD Bedah Buku : Tidak Syariahnya Bank Syariah di Indonesia

Peran Perbankan Syariah di Indonesia telah menjadi tolak ukur keberhasilan eksistensi perkembangan ekonomi syariah. Lahirnya perbankan syariah juga bukan hanya sebagai alternatif terhadap perkembangan perekonomian riba saat ini, melainkan hadir sebagai solusi dalam memberantas praktek ribawi perekonomian umat.

Namun, seiring dengan kemajuan tersebut, terdapat tinjauan kritis dan ketidakpercayaannya dari masyarakat terhadap praktik perbankan syariah di Indonesia. Salah satunya buku yang berjudul Tidak Syar'inya Bank Syariah di Indonesia dan Jalan Keluarnya Menuju Muamalat karya Zaim Saidi. Dikatakan dalam buku ini bahwa Sistem perbankan Syariah bukanlah system yang bebas riba, meskipun tampaknya telah melepaskan diri dari bunga (interest), karena riba bukan sekedar bunga an sich, melainkan system perbankan itu sendiri secara keseluruhan.

Dengan demikian perlu dilakukan edukasi dan sosialisasi yang cukup gencar dalam memahami akan praktik perbankan syariah yang telah berkontribusi besar terhadap pertumbuhan ekonomi. Salah satunya dengan membedah buku tersebut agar pemahaman masyarakat menjadi terbuka akan hakekat dari bank syariah.

Oleh karena itu,Masyarakat Ekonomi Syariah, IAEI, bekerjasama dengan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta mengadakan 7th Sharia Economics Research Day yang mengangkat tema Perbankan Syariah sebagai Kekuatan Utama Perbankan Indonesia dengan bentuk acara Bedah Buku:Tidak Syar'inya Bank Syariah di Indonesia dan Jalan Keluarnya Menuju Muamalat

Keynote Speech:
Dr. Ir. Murasa Sarkaniputra
(Penulis buku " Ruqyah Syariah: Teori, Model, dan Sistem Ekonomi")

Presentasi Buku:
Zaim Saidi
(Penulis Buku "Tidak Syar'inya Bank Syariah di Indonesia dan Jalan Keluarnya Menuju Muamalat")

Penanggap:
Dr. (HC) A. Riawan Amin
(Ketua Umum ASBISINDO)
Drs. Agustianto, MA
(Sekjend DPP IAEI)

Moderator:
Dr. Euis Amalia, MAg
(Pengurus Pusat MES)

Hari dan Tanggal : Sabtu, 6 November 2010 M
Pukul: 13.00 - 16.00 WIB
Tempat : Ruang Teater Fakultas Syariah dan Hukum Lt.2 UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (Jl.Ir. H. Juanda No. 95 Ciputat)

Acara bedah buku ini GRATIS dan WAJIB DAFTAR, TEMPAT TERBATAS!!!

Fasilitas Peserta:
1.Snack, 2. Makalah 3. Sertifikat

Informasi dan pendaftaran paling lambat tanggal 5 November 2010 M
(call only no SMS - jam kerja):

Umum: Giska (021) 5290 1515
Mahasiswa : Annisa (0856 9731 5553)

Klik : http://ekonomisyariah.org/event/detailevent/1/65

Note :
Pendaftaran online ini hanya berlaku untuk non-mahasiswa (D3,S1 dan S2) dan bagi rekan-rekan yang telah mengisi pendaftaran via online, status pendaftaran diterima jika dan hanya jika kami telah mengirimkan email jawaban. Jika belum, silahkan segera hubungi kami via telefon.
Share:

0 comments:

Posting Komentar

Translate

Pengikut