Rabu, 11 September 2013

Jilbab. Kado Manis HUT Polwan Ke 65

Peringatan HUT Polwan Republik Indonesia yang ke 65  bisa direfleksikan dengan beragam cara oleh Kepolisian Republik Indonesia. Peringatan-peringatan tersebut tentunya akan menjadi momentum membangun persepsi positif terhadap aparat kepolisian, khususnya Polisi Wanita, di dalam benak masyarakat yang menjadi objek pelayanan dalam rangka memberikan perlindungan kenyamanan sosial.

Diantara bentuk kegiatan nyata yang dilakukan oleh kepolisian di daerah-daerah adalah dengan melaksanakan bakti sosial, pelayanan masyarakat, kegiatan-kegiatan apresiatif dan seminar. Hal-hal bermuatan positif tersebut sekali lagi, diperuntukkan dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat sebagai tugas dan fungsi utama anggota polri.

Isu terkait Polwan di negeri ini belakangan, masyarakat mendesak Kapolri untuk mengkaji kembali terkait Surat Keputusan Kapolri No: Skep/702/IX/2005 tentang Sebutan Penggunaan Pakaian Dinas Seragam Polri dan PNS Polri untuk kemudian mengizinkan Polwan muslim yang berkeinginan berseragam jilbab sebagai seragam resmi saat bertugas menjalankan fungsi dalam melayani masyarakat. Desakan itu pula yang secara kompak disampaikan Komisi III DPR RI saat RDP dengan Polri, dimana aturan polwan yang hendak berljilbab untuk segera diatur dan diizinkan.  Dalam hal ini, keinginan polwan muslim untuk berjilbab tidak lain menggambarkan kesadaran agamanya dan hal tersebut menimbulkan secara yakin akan menambah kepercayaan masyarakat dengan melihat keindahan, dan tentunya menjadi sahabat masyarakat.

Desakan besar masyarakat ini pun mendapat respon positif dari orang nomor satu di Kepolisian Republik Indonesia, Kapolri Timur Pradopo. Janji Kapolri Juni lalu katanya akan segera membuat aturan untuk mengizinkan Polwan mengenakan jilbab dan sebagai seragam resmi anggota kepolisian. Namu demikian, hingga saat ini, aturan tersebut belum lagi disahkan, sehingga aturan seragam anggota Polri masih berlaku sesuai surat keputusan pada tahun 2005 tersebut.seragam Polwan.

Masyarakat akan tetap terus mengawal, mendesak pengesahan aturan izin pengenaan jilbab bagi polwan, dan nampaknya kado manis di HUT Polwan yang ke 65 di tahun 2013 ini, ialah salah satunya aturan jilbab bagi Polwan di seluruh kepolisian di tanah air. Semoga
Share:

Translate

Pengikut